Penyebab Psoriasis


Penyebab pasti psoriasis tidak sepenuhnya dipahami, namun para ilmuwan meyakini bahwa psoriasis adalah hasil dari beberapa faktor, termasuk genetika, faktor lingkungan, dan sistem kekebalan tubuh.
 Sampai 10% populasi umum dapat mewarisi satu atau lebih gen yang mempengaruhi mereka terhadap psoriasis, meskipun hanya 2% sampai 3% orang dengan gen yang mengembangkan penyakit ini.

keturunan

Jika Anda memiliki psoriasis, ada kemungkinan seseorang di keluarga Anda juga memilikinya. Itu karena tampaknya ada kaitan genetik untuk psoriasis.
Satu dari 3 orang dengan laporan psoriasis memiliki kerabat dengan penyakit ini. Dan periset mengatakan bahwa hingga 10% populasi umum dapat mewarisi satu atau lebih gen yang menjadi predisposisi psoriasis, walaupun hanya 2% sampai 3% orang dengan gen yang benar-benar mengembangkan penyakit ini.

Pemicu Lingkungan

Faktor lingkungan tertentu dapat memicu gen psoriasis, menyebabkan penyakit ini menjadi aktif. Pemicu lingkungan ini bervariasi dari orang ke orang, dan apa yang menyebabkan psoriasis berkembang dalam satu orang mungkin tidak berpengaruh pada orang lain.
Beberapa pemicu yang diketahui mempengaruhi gejala psoriasis meliputi:
  • Stress
  • Cedera pada kulit (luka, goresan, gigitan serangga, sengatan sinar matahari parah)
  • Infeksi (seperti radang tenggorokan atau sariawan)
  • Obat-obatan tertentu (termasuk lithium, antimalarial, quinidine, indomethacin)
 Pelajari tentang hubungan antara psoriasis dan sistem kekebalan tubuh Anda

Peran Kunci Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh Anda dimaksudkan untuk melindungi Anda saat "penyusup," seperti virus flu, memasuki tubuh Anda. Tapi terkadang sistem kekebalan tubuh menyalahgunakan sel-sel heat tubuh Anda untuk penyusup dan menyerangnya. Sementara penyebab pasti psoriasis tidak sepenuhnya dipahami, para ilmuwan percaya bahwa psoriasis adalah hasil dari beberapa faktor, termasuk sistem kekebalan tubuh.
Bila Anda menderita psoriasis, sistem kekebalan tubuh Anda terlalu aktif. Hal ini menciptakan peradangan di dalam tubuh, yang merupakan penyebab gejala yang Anda lihat pada kulit. Sel sehat lebih banyak diproduksi dari biasanya. Sel-sel berlebih itu bisa terdorong ke permukaan kulit Anda terlalu cepat. Biasanya, dibutuhkan sekitar satu bulan agar sel kulit Anda berputar melalui tubuh Anda. Dengan psoriasis, dibutuhkan waktu berhari-hari.

Tubuh Anda tidak bisa menumpahkan sel kulit yang cepat, sehingga sel terbentuk di permukaan kulit Anda. Patch tebal dan merah yang Anda lihat di kulit Anda (disebut plak) sebenarnya adalah penumpukan sel kulit berlebih.

Psoriasis dan komorbiditas

Bila seseorang memiliki dua atau lebih penyakit pada satu waktu, ini disebut "komorbiditas."
Komorbiditas yang terkait dengan psoriasis mencakup kondisi kekebalan lainnya seperti arthritis psoriatis dan penyakit Crohn.

Penting agar dokter Anda mengetahui gejala yang mungkin Anda alami sehingga Anda berdua dapat memutuskan bagaimana menghindari atau mengelola komorbiditas.
Komorbiditas lainnya

Psoriasis telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya. Psoriasis tidak dipikirkan untuk menyebabkan kondisi ini atau sebaliknya. Pasien dengan psoriasis memiliki kemungkinan lebih besar untuk didiagnosis dengan kondisi berikut:
  • Psoriatic Arthritis
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit kardiovaskular
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit Crohn
  • Kolesterol Tinggi
  • Depresi
  • Kolitis ulserativa

Konsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan berikut disertai tanda dan gejala psoriasis. Penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala lain, karena setiap kondisi medis perlu ditangani secara terpisah dan mungkin memerlukan pengobatan yang berbeda.
Mitos dan Kesalahpahaman, Karena psoriasis sering disalahpahami, ada banyak mitos dan kesalahpahaman tentang apa itu psoriasis dan bagaimana orang mendapatkannya. Seorang dokter mendiskusikan pentingnya membantu orang lain memahami penyakit ini.
Dr. Menter adalah ketua Divisi Dermatologi di pusat medis akademis A.S. yang menonjol. Dr. Menter juga seorang konsultan berbayar AbbVie.
Psoriasis TIDAK Menular

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang psoriasis adalah bahwa satu orang dapat "menangkapnya" dari yang lain. Itu benar-benar sebuah mitos!

Psoriasis adalah penyakit sistem kekebalan tubuh, dan bukan sesuatu yang bisa Anda tangkap. Ada baiknya mengetahui fakta tentang psoriasis dan bersiap menghadapi pertanyaan yang akan Anda dapatkan dari orang lain.


Author:

Facebook Comment